Powered by Blogger.

Thursday, January 17, 2013

Pernah lihat video Microsoft Future Vision di youtube? Sangat menarik sebuah perusahaan dapat menggambarkan secara nyata visi mereka kedepan seperti apa melalui sebuah video yang keren dengan efek-efek teknologinya. Disana digambarkan apa saja "impian-impian" Microsoft menciptakan teknologi-teknologi terbaru yang ingin mereka wujudkan.

Masa depan. Itulah arah Microsoft menjadikan tolak ukur untuk mengembangkan teknologinya.

Coba misal jika PLN membuat visualisasi visinya kedalam sebuah video. Tentu tidak akan sama isinya. Yang jelas saya membayangkan video itu isinya adalah daerah-daerah terpencil yang benderang karena cahaya lampu, birokrasi listrik yang sudah tidak rumit lagi, senyum manis dari pegawai karena subsidi berkurang, serta pembangkit-pembangkit listrik, jaringan transmisi dan pelayanan pelanggan yang istimewa. Semua ditampilkan dalam video tersebut.


Berandai-andai. Everything is begun by a dream.

Sebenarnya, perjuangan PLN dalam membuat masa depan Indonesia sangatlah luar biasa. Memang penggambarannya tidak semenarik dan secanggih Microsoft. Tapi usaha PLN dapat dirasakan dan dilihat nyata. Kita kesampingkan dulu cibiran terhadap PLN. Kali ini, lihat PLN secara sisi baiknya.

Proyek 10.000 MW adalah bukti nyata bagaimana PLN membuat masa depan Indonesia lebih baik. Sampai saat ini, PLN sangat berusaha agar semua nusantara dapat terlistriki. Dari Sumatra hingga Papua. proyek 10.000 MW dibangun agar pasokan listrik dapat bertambah.

Dari sisi pelayanan, kita bisa perhatikan kini kantor-kantor pelayanan di PLN berubah lebih baik. Loket pembayaran yang bersih, teratur dan juga memiliki petugas dengan pemahaman terhadap SOP yang jelas dalam melayani pelanggan.

Adanya program OPI bisa menjadi contoh. OPI (Operational Perfomance Improvement) adalah program yang membuat proses kerja menjadi efektif dan efisien. walau program OPI ini belum dilakukan di seluruh unit PLN, tapi dampaknya dapat dirasakan oleh karyawan dan pelanggan.

Listrik Prabayar. PLN tentu tidak ingin ketinggalan dalam hal teknologi yang menyangkut kelistrikan. Listrik Prabayar adalah tindakan nyata yang dapat dirasakan oleh Indonesia. Dengan peralihan listrik dari pasca bayar ke prabayar, banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Dari sisi PLN tentu hal ini dapat mengurangi biaya operasional karena selama ini kita tahu PLN mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk memproduksi listrik, kemudian pelanggan membayar. Namun sekarang, pelanggan dapat memiliki keuntungan dengan listrik prabayar. Keunutngan tersebut adalah fungsi kontrol terhadap pengeluaran rumah tangga untuk biaya listrik. Dengan pembelian token, pelanggan dapat mengatur kebutuhan listrik per-bulannya sehingga dari segi pengeluaran rumah tangga akan ada fungsi kontrolnya.

Tinggal hubungi 123.
Apapun akan lebih mudah dengan teknologi komunikasi. Via jaringan telpon, via social media semua ada! Pasang listrik sekarang tidak usah menunggu sampai berbulan atau bertahun-tahun. Just take your ponsel and dial to 123. It's simple! Atau via twitter? ada @PLN_123, mention saja untuk apapun yang ingin ditanya atau mengurus keperluan terhadap PLN. Facebook juga ada page fansnya juga, cari saja PLN 123 lalu like pagenya.

Semuanya mudah karena PLN akan selalu menyesuaikan dengan jaman. PLN akan selalu memberikan yang terbaik untuk mewujudkan impian-impiannya. Salahsatunya yaitu melistriki nusantara.
PLN, Energi untuk Negeri!!!!




Categories: , ,

0 comments:

Post a Comment