Powered by Blogger.

Tuesday, December 18, 2012


Dalam workshop bertajuk “Menciptakan Duta PLN di Sosial Media” yang berlangsung di Udiklat PLN Jakarta pada tanggal 18-19 Desember 2012, tampak berkumpul 25 orang perwakilan dari beberapa Unit PLN di Indonesia yang sedang dibekali wawasan pengetahuan maupun skill dan behavior untuk menjadi seorang Brand Ambassador PLN di social media.

Program ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendekatan terhadap masyarakat yang memerlukan informasi terkait PLN atau bahkan keluhan pelanggan PLN.  Pemilihan Brand Ambassador ini fokus pada pemanfaatan social media yang sangat mempengaruhi Brand suatu perusahaan.  Apalagi mengingat PT PLN (Persero) merupakan perusahan satu-satunya di Indonesia yang menangani segala bidang kelistrikan di seluruh negeri.

Dikutip dari Venturebeat, Indonesia duduk di peringkat ke lima dunia dengan jumlah user Twitter mencapai 29 juta akun. Jumlah tersebut pun mengalahkan negara-negara maju yang memiliki akses internet jauh lebih cepat seperti Korea Selatan, Belanda, Perancis, Jerman ataupun Rusia.  Dewasa ini, twitter tampaknya memang dapat mempengaruhi segala aspek kehidupan.  Segala informasi bisa didapat melalui  twitter, termasuk memberikan dampak yang cukup besar terhadap customer di suatu perusahaan.

Apabila kita cari melalui search engine di internet, masih dapat terlihat bahwa yang terdapat pada urutan teratas justru adalah statement-statement negatif tentang PLN.  Sungguh ironi bukan ?  Nah, inilah tugas Brand Ambassador untuk meningkatkan sentimen positif di social media sekaligus berusaha memperbaiki image brand tersebut menjadi lebih baik dan lebih baik lagi di mata masyarakat. 

Berikut di bawah ini sekilas mengenai job description Brand Ambassador PLN :
  • Hal terpenting dalam pekerjaan ini, incumbent harus mampu memperlihatkan pengalaman signifikan dalam interaksi social media. Termasuk aktif berpartisipasi membuat konten, memberi komentar, menjalin relasi dan networking di berbagai jalur social media.
  • Incumbent juga harus mampu berpikir strategis, berorientetasi pelayanan dan menunjukkan inisiatif untuk meningkatkan brand PLN melalui social media.
  • Incumbent secara berkala memonitor pembicaraan di social media, serta mampu menganalisa trend dan menggunakannya secara optimal untuk kepentingan branding PLN.

Pada dua hari pelaksanaan workshop tersebut, tampak sisi lain yang menarik dari para peserta. Keberagaman karakter serta berbagai cerita yang dibawa dari unit yang berbeda menambah asiknya kegiatan ini untuk diikuti. Diharapkan  dengan adanya Brand Ambassador dapat meningkatkan citra positif PLN di mata masyarakat sesuai dengan slogan 25 Brand Ambassador PLN di Social Media :
"BRAND AMBASSADOR PLN... UNTUK PLN YANG LEBIH BAIK!!!".

Categories: , , ,

2 comments:

  1. wow ini yg nulis ajun? keren. terbiasa gaul dg bhs sunda gaul saat bergenggonk dg ajun. syahdu. thx yach dah buat link blog oom

    ReplyDelete
  2. "BRAND AMBASSADOR PLN... UNTUK PLN YANG LEBIH BAIK!!!"
    wah, suka kata2 ini :D
    tetap berjuang, ilmu sudahpunya, media sudah ada, yang kita perlukan adalah konsistensi, :D Fighting! :D

    ReplyDelete